Selasa, 29 November 2016

KULIAH

 MAKNA DAN ARTI KULIAH


Seperti tahun-tahun sebelumnya, remaja-remaja Indonesia yang sudah Lulus SMA ataupun yang blum meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau disebut dengan “Kuliah”, ribut mencari tempat kuliahan, yang baru lulus ikut SPMB yang dalam harapan keluarganya mudah-mudahan bisa diterima di Universitas Negeri yang  bonafit atau ternama,,,
Orang-orang sibuk termasuk saya ribut mencari tempat kuliah, jadi penasaran apa sih makna atau arti kuliah untuk teman-teman kita yang sudah merasakan bangku perkuliahan.
Setelah aku coba browsing-browsing diinternet untuk mencari tahu pendapat mereka tentang kuliah ternyata pendapat mereka berbeda-beda tentang sebuah masalah yang disebut dengan “Kuliah”.
Aku mendapat dari forum tentang pengertian mereka-mereka tentang kuliah, berikut aku kutip :
1. ada yang mengatakan “..kuliah tu waktunya nimatin hidup..bebas dr org tua..tp ttp dpt kiriman..gak ada yg komplen kita mo ngapain jg..lagian kuliah tu singkat..jd manfaatin bener2..jalan2..dugem..nonton sm tmn..pokoknya tanpa beban de..soalnya kl habis kuliah..mana bisa lagi seneng2 ky skg..yg ada jg qt mesti kerja..cari duit..buat balas budi ortu..ato buat p’siapan nikah..ato minimal buat diri sendiri..malu kan kl hbs kuliah msh juga “ngemis” sm ortu..jd gak ada wktu lg buat seneng2..
2) ada yang frustasi “..kuliah tu bikin stress..enakan pas sma dulu..tugas gak seberat kuliah..dosennya garing..bikin ngantuk..mana bisa ngerti..tau-tau ngasi tugas..gak ngerti gmn ngerjainnya..bingung..smpe besoknya deadline..wah..udah de..mesti nglembur..printer ngadat..pokoknya macem2 kasusnya kl ud ngejar deadline..besoknya..kerjaan disalah2in sm dosen..trus revisi 2-3kali..saking mangkelnya..dosen bilang..y ud kumpulin aja..akhirnya keluarlah nilai sulapan..yg aktif dpt rendah..yg pasif dpt tinggi..huh..gak jelas..”
3) Ini klo kata calon ustadz :D  “kuliah itu waktunya kita m’cari jati diri..sebagai khalifah yg bs m’beri manfaat pada lingkungannya..waktunya m’cari ilmu..krna u/ masuk surga harus dgn ilmu..waktunya qt diuji oleh Tuhan..dgn kebebasan masa kuliah..apakah qt manfaatkan dgn bijak..atau dgn sia-sia..waktunya u/ belajar menjalin silaturahmi dgn org2 di sekitar qt..
4) Ini kata Cowok Gatel “..kuliah tu waktunya qt mencari pasangan hidup..seperti kl mau beli sepatu..ya di coba2 dulu..masa’ ketemu 1 lgsg beli..?!!gak kan..jd habiskanlah masa kuliahmu buat pacaran..gak cocok sm yg 1, cari yg laen..dunia itu gak selebar daun kelor,man..ntar kl ud banyak “stok”..tinggal milih salah 1..ato kl bingung milih..poligami aja..boleh kan..”
5) Ini Klo kata calon wanita karir😀 “..kuliah tu biar ntar gak jd ibu rumah tangga yg bisanya cm masak..bersih..nungguin anak..sekarang kan udah emansipasi wanita..jd qt jg mesti b’saing..buktinya di perkuliahan anak cewe lbh banyak yg pinter drpd cowo..jd jgn mau kalah sm cowo..
6) Ini Klo kata anak yang menurut pada Neneknya😀 “……Kuliah adalah impian nenekku yang menginginkan cucu laki2nya pertama (saya). sebenarnya prefer ke dagang. tetapi akhirnya aku menetapkan untuk kuliah. Jd kuliah adalah wujud persembahanku kepad ne2kku tercinta.dan buat aku,kuliah merupakan tempat aku akan mengembangkan diriku menjadi orang yang berpotensi,sbab aku dapat belajar formal dan non formal pada orang2 yang ada disekitarku (tua dan muda). Dan yang terpenting aku bisa mengembangkan relasi untuk bisnis (he2)….”
7)Klo ini menurut diriku sendiri😀 “…..saya adalah orang yang menjunjung tinggi proses non formal yaitu pengalaman hidup. coba itung aja kalo 4 tahun kita mengeluarkan uang 100 jt untuk gelar. trus gaji kita 2,5 jt per bulan. maka 40 bulan baru break even point. itu aja kalo nda makan.Aku juga tidak suka paradigma indonesia yang banyak berkata bial selesai kuliah harus kerja di tempat yang bagus,memang ada betulnya,tapi sampai kapan kita ngandalin perusahaan,harusnya buka lap kerja dari modal yang kita kumpulkan.

SUMBER: https://n3wb13.wordpress.com/2008/07/15/makna-dan-arti-kuliah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar